Monday, February 17, 2020

Bolehkah Ibu Hamil Makan Pedas | Apakah Ada Efek Samping ?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Pedas

Sudah bukan rahasia lagi, ada banyak pantangan atau larangan untuk Bunda yang sedang hamil. Tidak boleh makan ini, tidak boleh makan itu. Seringkali antara mitos dan fakta bercampur-baur, sehingga Bunda mungkin menjadi bingung, apakah pernyataan itu benar ataukah hanya mitos belaka.
Salah satunya adalah pantangan untuk makan makanan yang pedas. ‘Jika ibunya suka makan pedas waktu hamil, nanti anaknya suka belekan.’

Apakah benar demikian?

Jadi begini, Bunda. Saat hamil, keselamatan janin menjadi perhatian utama. Itulah sebabnya asupan makanan ke dalam tubuh harus dikontrol dengan baik.

Sebenarnya, tidak ada pantangan untuk mengkonsumsi makanan pedas pada masa kehamilan. Makan makanan yang pedas tidak akan membuat mata bayi yang dilahirkan belekan. Akan tetapi, untuk ibu hamil yang memang sudah mengidap penyakit maag, efek dari memakan makanan pedas tersebut dapat memicu sakitnya kambuh. Dan efek lainnya yaitu saluran pencernaan dapat mengalami peradangan, hingga diare.

dr. Atika dari KlikDokter mengatakan, makanan pedas sebenarnya tidak menjadi pantangan bagi ibu hamil. Akan tetapi, jangan sampai makanan pedas mengganggu kebutuhan asupan makanan lainnya.
“Makanan pedas boleh-boleh saja dikonsumsi saat hamil, sebab tidak memiliki efek samping yang buruk untuk ibu hamil. Tetapi bila ibu hamil memiliki riwayat gangguan lambung seperti sakit mag atau dispepsia, makanan pedas sebaiknya dikurangi karena dapat menimbulkan gejala perih dan ketidaknyamanan di lambung,” dr. Atika menambahkan.

Mengkonsumsi makanan pedas harus dihindari jika menimbulkan rasa mual dan membuat nafsu makan berkurang. Jika tidak, ditakutkan janin tidak mendapatkan nutrisi yang baik akibat ibu hamil tidak dapat menyantap makanan lainnya.

“Sementara itu, jika sebelumnya Anda menyukai makanan pedas dan makanan tersebut bisa menambah nafsu makan, makanan pedas sah-sah saja dikonsumsi oleh ibu hamil,” sambung dr. Atika.

Makanan pedas yang dikonsumsi juga tetap harus dipilih. Pastikan Bunda makan berasal dari bahan alami, bukan sambal kemasan. Sebab, rasa pedas yang didapat dari sambal kemasan biasanya mengandung MSG yang berbahaya bagi pertumbuhan janin.

Selain daripada itu, dilansir dari Momjunction.com, salah satu alasan mengapa ibu hamil harus menghindari makanan pedas adalah karena memicu terjadinya mulas dan refluks asam di lambung, terutama pada trimester ketiga.

0 Comments:

Post a Comment

Copyright © All Rights Reserved ™

Designed by: Templatezy / Sb Game Hacker