Bolehkah Ibu Hamil Makan Pete? Apakah Ada Manfaatnya?


Bolehkah Ibu Hamil Makan Pete

Kalau memang sudah ketagihan makan pete apalagi saat lagi ngidam-ngidamnya waktu hamil – dan bunda pengen bener makan pete. Aduh. Sulit untuk dicegah ya bunda?

Timbul pertanyaan, bolehkah mengkonsumsi pete atau jangan-jangan akan berbahaya untuk janin?

Jawabannya boleh, karena tidak ada penelitian yang mengungkapkan mengenai efek dari makan pete untuk ibu hamil. Pernyataan tersebut disampaikan dr. Rievia Bahasoean dari alodokter. Bahkan, mengkonsumsi pete sebenarnya sangat bagus dan bermanfaat, asalkan jangan terlalu berlebihan.

Menurut dr. Rievia, pete mengandung zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh saat hamil, dan berikut ini adalah manfaat pete untuk ibu hamil yang perlu Anda ketahui.

8 Manfaat Pete untuk Ibu Hamil

  1. Dapat Meningkatkan nafsu makan karena mengandung asam Djenkolic
  2. Mengkonsum pete dapat mencegah stres, seperti kita tahu stres akan berdampak negatif kepada ibu hamil dan tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Zat di dalam pete yang berperan mencegah stres adalah tripopan, fungsi dari tripopan yaitu untuk menjaga keseimbangan hormon.
  3. Pete juga bermanfaat untuk mengatasi sembelit, karena kaya akan serat. Sembelit ini akan membuat ibu hamil susah Buang Air Besar (BAB).
  4. Bagi ibu hamil yang memiliki sakit maag, mengkonsumsi pete dalam jumlah yang wajar akan dapat meredakan maag secara alami.
  5. Makan pete juga bermanfaat untuk mengatasi perut kembung.
  6. Di dalam pete terdapat zat besi yang mampu mengatasi anemia, dan tentunya sangat penting sekali karena anemia dapat menghambat tumbuh kembang bayi di dalam kandungan.
  7. Pete juga bermanfaat untuk ibu hamil karena bisa mengatasi darah tinggi karena mengandung Kalium yang berfungsi untuk meredakan darah tinggi.
  8. Selain itu, makan pete untuk ibu hamil juga bermanfaat untuk membantu tumbuh kembang mata dan bayi di dalam kandungan, karena pete mengandung omega 3.

Bahaya atau Efek Samping Pete Untuk Ibu Hamil


Seperti yang dijelaskan di atas, mengkonsumsi pete bolah saja, asal jangan berlebihan atau dalam batas normal.

Tapi jika bunda makan pete dalam jumlah berlebih saat hamil maka akan timbul bahaya atau efek sampingnya.

Dalam masalah efek samping atau bahaya pete ini tidak hanya ditujukan bagi ibu hamil, tapi juga untuk semua orang, baik hamil maupun tidak hamil, baik wanita maupun pria.

Bahaya mengkonsumsi pete secara berlebihan :

  • Bisa menyebabkan sakit perut
  • petai kebanyakan di makan dengan keadaan mentah, ini menjadi masalah karena kemungkinan besar petai yang mentah di dalamnya ada ulat dan bakteri yang bisa menyebabkan gangguan pada lambung atau perut ibu hamil. Jika ingin makan petai saat hamil alangkah baiknya di rebus, di bakar atau di goreng terlebih dahulu.
  • Penyebab Kembung dan pada perut timbul sensasi tersengat
  • Ini semua karena kandungan karbohidrat kompleks yang akan membentuk gas di perut, sehingga efek yang di timbulkan berupa sensasi tersengat dan kembung.
  • Bisa menyebabkan gagal ginjal nyeri spasmodik dan obstruksi kemih
  • Memang petai dapat meningkatkan selera makan kita, karena mengandung asam djenkolic. Tapi kandungan lainnya yaitu asam amino, yang mana asam amino ini di dalamnya terdapat zat sulfur yang sedikit beracun, jika di konsumsi berlebih akan berakibat kepada gagal ginjal, nyeri spasmodik dan obstruksi kemih.
  • Bisa meningkatkan kadar asam urat (sakit asam urat)
  • Zat purin yang terdapat pada makanan akan meningkatkan kadar asam urat dalam darah, ternyata kandungan purin dalam petai termasuk kedalam sedang dan tinggi, jelas sekali inilah penyebab mengapa setelah makan petai asam urat bisa kambuh.
  • Penyebab sakit kepala
  • Petai juga di percaya bisa menyebabkan sakit kepala jika di konsumsi secara berlebihan.
  • Penyebab rematik
  • Selain sakit kepala rematik juga merupakan efek dari memakan petai secara berlebih.

Ibu hamil boleh makan pete dengan syarat:

  1. Makan pete dalam jumlah yang wajar atau tidak berlebihan
  2. Pete yang di makan dalam keadaan matang atau di masak.
  • Pete mempunyai bahaya atau efek samping jika di konsumsi secara berlebih atau di atas normal.
  • Makan pete dalam keadaan mentah bisa menyebabkan sakit perut, karena kemungkinan besar ada bakteri dan ulatnya.
  • Bahaya pete yang saya tuliskan di atas berlaku tidak hanya untuk ibu hamil saja tapi juga untuk semua orang.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Setelah Makan Pete

Pete dikenal karena aromanya yang menyengat dan khas di mulut, serta dapat mengurangi kecerpecayaan diri orang yang mengkonsumsinya. Nah, berikut ini sedikit tips atau cara untuk menghilangkan bau pete di mulut.
  • Sesaat setelah selesai makan, segeralah mengkonsumsi timun, karena timun dikenal mampu untuk menetralisir bau pete.
  • Gunakan pembersih mulut, seperti listerine atau betadin kumur, segera setelah makan petai berkumurlah menggunakan obat kumur secara baik dan benar. Niscaya bau petai akan hilang dan di gantikan dengan bau yang fresh.

Post a Comment

0 Comments